Peran Komputer Bagi Pendidikan Anak
Pada awalnya komputer dititikberatkan
pada proses pengolahan data, tetapi karena teknologi yang sangat pesat, saat
ini teknologi komputer sudah menjadi sarana informasi dan pendidikan khususnya
teknologi internet. Dalam hal pendidikan, komputer dapat dipergunakan sebagai alat bantu
(media) dalam proses belajar mengajar baik untuk guru maupun siswa yang
mempunyai fungsi sebagai Media tutorial, alat peraga dan juga alat uji dimana tiap fungsi tersebut masing-masing mempunyai
kelebihan dan kekurangan. Sebagai media tutorial,
komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, menumbuhkan minat belajar mandiri
serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa / anak. Tetapi interaksi
komputer dengan manusia belum dapat menggantikan interaksi manusia dengan
manusia, selain itu mempunyai kelemahan lain yaitu kemauan belajar mandiri yang
masih rendah. Komputer sebagai alat uji memiliki keunggulan dalam keobyektifan,
ketepatan dan kecepatan dalam penghitungan tetapi masih belum dapat menilai
soal-soal essai, pendapat dan hal yang terkait dengan moral dan etika. Yang terakhir,
sebagai media alat peraga, komputer mempunyai kelebihan dapat memperagakan
percobaan tanpa adanya resiko, tetapi membutuhkan waktu dalam pengembangannya.
Sebelum memperkenalkan komputer kepada anak, orangtua maupun guru seharusnya
dapat memahami perkembangan pemahaman anak, dimana pada usia 0 -2 tahun anak
mendapatkan pemahamannya dari penginderaannya. Kemudian usia 2 - 7 tahun anak
mulai belajar menggunakan bahasa, angka dan simbol simbol tertentu. Pada usia 7
- 12 tahun anak mulai dapat berpikir logis, terutama yang berhubungan dengan
obyek yang tampak langsung olehnya. Yang saat ini perlu menjadi perhatian bagi orangtua maupun guru
adalah bagaimana cara memperkenalkan komputer kepada anak. Hal yang perlu
dicoba adalah dengan program-program aplikasi (software) yang bersifat
"Edutainment" yaitu perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Selain itu program (software) aplikasi
"Edutainment" tersebut mempunyai kemampuan menumbuhkembangkan
kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf motorik anak.
Contohnya program permainan kombinasi benda, menyusun benda atau gambar
(Puzzle) serta program berhitung dan software-software lain yang didukung perangkat
multimedia. Selain program aplikasi (software), dunia internet semakin berarti
bagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun
informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan
waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting), mengambil dan menyimpan
informasi (download). Untuk perkembangan pendidikan selanjutnya teknologi
"Teleconference" (Konferensi interaktif secara on line dari jarak
jauh) dirasakan sudah pantas di coba dan dikembangkan, karena dapat menghemat
waktu, tenaga pengajar, kapasitas ruang belajar serta tidak mengenal letak
geografis.
Komentar
Posting Komentar