Minggu, 02 Desember 2012

KEPINTARAN, KECERDASAN, KREATIVITAS DAN INOVATIF

Pintar belum berarti cerdas, sedangkan cerdas belum tentu kreativ, oleh karena itu salah satu jalan tuk menjadikan diri kita pintar, cerdas, kreativ, dan inovativ adalah kembali menuju gerbang pengetahuan yaitu “BUKU”. Sudah pasti dengan membaca buku, kita pasti menemukan ide-ide baru, dan berelatih tanpa pernah putus asa.

Belajar juga yang akan membedakan seseorang bisa menyikapi kondisi yang sama dengan cara yang berbeda. Mengisi hidup tidak hanya membutuhkan kepintaran, tetapi juga kecerdasan, kreativitas, dan inovasi.

Kepintaran adalah kemampuan Anda dalam menyerap informasi. Ketika Anda mampu membaca dan mengambil ilmu pengetahuan dari buku atau informasi yang Anda serap, Anda cukup pintar. Akan tetapi, kepintaran berhenti di situ saja. Orang pintar memiliki banyak pengetahuan, akan tetapi kadang menghambatnya dalam pengambilan keputusan, karena pengetahuan yang banyak itu memberikan banyak informasi.

Kecerdasan adalah kemampuan mengelola kepintaran. Orang yang sukses kadang orang yang tidak terlalu pintar, akan tetapi bisa mengelola orang pintar. Kecerdasan membuat Anda tahu siapa orang pintar yang cocok mengerjakan jenis pekerjaan tertentu. Kecerdasan membuat Anda bisa mengambil keuntungan dari kombinasi kepintaran.

Kreativitas adalah kemampuan untuk membuat perbedaan. Orang yang kreatif adalah orang yang melihat hal yang sama tetapi berpikir dengan cara yang berbeda. Kreativitas menghasilkan perbedaan dan orang yang kreatif bisa tampil diantara kerumunan orang. Perbedaan membuat peluang baru terbuka.

Inovatif adalah kemampuan untuk menemukan nilai komersial dari kreativitas. Kreatif hanya membuat perbedaan, inovasi membuat perbedaan tersebut memiliki nilai komersial.

Oleh karena itu, belajarlah seumur hidup, dan Anda bisa memiliki kepintaran, kecerdasan, kreativitas, dan inovasi. Semuanya bukanlah bakat, akan tetapi disiplin. Tentu saja bisa dipelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar